Senin, 29 Oktober 2012

TUGAS SOFTSKILL ETIKA BISNIS

NAMA : PRATIWI WULANDARI
NPM    : 14209053
KELAS : 4 EA 11


Etika
Menurut para ahli etika tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaanmanusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Etika merupakan sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

Etika dalam kehidupan sehari-hari
Etika yang kita lakukan sehari-hari dalam pengertian dasarnya adalah dari pengembangan dan pengaplikasian etika itu sendiri dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai norma-norma yang didalamnya dapat dijadikan aturan yang mencakup etika.
Contoh : mengucapkan salam ketika baru bertemu dengan seseorang dengan      maksud menghormati orang tersebut.

Etika dalam berbisnis
Etika bisnis merupakan keseluruhan dari aturan-aturan etika, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis yang mengatur hak-hak dan kewajiban produsen dan konsumen serta etika yang harus dipraktekkan dalam bisnis.
Contoh : etika dalam melakukan persaingan secara sehat.

Etika Deontologi
Etika Deontologi mempunyai arti Etika yang di dalamnya terdapat suatu kewajiban yang harus dilakukan sesuai dengan norma dalam bidang masing-masing yang berlaku, dengan kata lain kewajiban moral dapat diketahui secara intuitif.
Misalnya : rasanya tak pantas kalau kita turunkan harga.

Etika Teologi
Dalam dunia etika, teleologi bisa diartikan sebagai pertimbangan moral akan baik buruknya suatu tindakan dilakukan. Teleologi yang menjadi prinsip dasar adalah baik dan jahat. Teleologi mengerti benar mana yang benar, dan mana yang salah, tetapi itu bukan ukuran yang terakhir. Dengan kata lain menilai perbuatan orang dari tujuannya.
Misalnya : saya turunkan harga untuk jatuhkan lawan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar