Jumat, 12 November 2010

BAB IV TUJUAN DAN FUNGSI KOPERASI

I. Pengertian Badan Usaha
Badan usaha merupakan suatu organisasi yang merupakan kesatuan yuridis dan ekonomi yang berusaha mencari keuntungan dengan menggunaka faktor – faktor produksi. Dalam kegiatannya badan usaha menggunakan perusahaan untuk memperoleh keuntungan, memenuhi kebutuhan hidup, memenuhi dorongan sosial dan memperoleh kekuasaan

II. Koperasi Sebagai Badan Usaha
Koperasi sebagai badan usaha tindakan ekonomi dalam mempertinggi efektvitas pencapaian tujuan. Karena koperasi merupakan satu badan yang tidak terpisahkan dari perekonomian Indonesia.

III. Tujuan dan Nilai Koperasi
A. Memaksimumkan Keuntungan
Dalam teori ekonomi, perusahaan akan melakukan kegiatan sampai pada tingkat dimana keuntungan mereka mencapai jumlah maksimum. Keuntungan akan diperoleh apabila hasil penjualan melebihi biaya produksi, dan keuntungan maksimum akan diperoleh apabila perbedaan diantara hasil penjualan dan biaya produksi mencapai tingkat yang paling besar.
B. Memaksimumkan Nilai Perusahaan
Nilai perusahaan yang diperoleh pada masa yang akan datang dihitung pada masa sekarang, dan diperhitungkan tingkat resiko dan tingkat bunga yang tepat.
C. Meminimumkan Biaya
Meminimumkan biaya dapat dilihat dari tujuan perusahaan tersebut dan dapat dilihat dari faktor – faktor mana yang diperioritaskan dalam suatu organisasi.

IV. Mendefinisikan Tujuan Perusahaan Koperasi
Tujuan koperasi sebagai perusahaan tidaklah semata – mata pada orientasi laba, melainkan juga orientasi manfaat atau benefit. Tujuan dari badan usaha koperasi adalah memajukan kesejahteraan anggota. Nilai perusahaan koperasi sangat abstrak sehingga sulit dioperasionalkan dalam mengembangkan bisnis yang sesuai dengan tujuan perusahaan koperasi itu sendiri.

V. Keterbatasan Teori Perusahaan
Dalam hal ini koperasi harus memuaskan anggotanya sebagai pemilik perusahaan dimana koperasi dituntut harus mampu menghasilkan keuntungan atas sisa hasil usaha namun disisi lain perusahaan koperasi harus dapat memberi pelayaran yang memuaskan konsumen secara oftimal

VI. Teori Laba
Dalam teori laba, tingkat keuntungan pada setiap perusahaan akan diperoleh dari hasil esensi manajerial, karena orientasi usahanya lebih menekankan pada pelayanan usaha yang dapat memberikan manfaat dan kepuasan bersama anggotanya.

VII. Fungsi Laba
Dalam hal ini, laba berfungsi sebagai pertanda realokasi sumber daya yang dimiliki masyarakat sebagai gambaran perubahan selera konsumen dan permintaan sepanjang waktu. fungsi laba dapat dilihat tergantung dari besar kecilnya transaksi anggota dengan koperasinya.

VIII. Status dan Motif Anggota Koperasi
Status anggota koperasi adalah sebagai pemilik dan sebagai pemilik, anggota memiliki kewajiban melakukan investasi atau melakukan penanaman modal dan sebagai pemakai, anggota harus menggunakan pelayanan usaha yang diselenggarakan oleh koperasi secara maksimal.

IX. Kegiatan Usaha
Kegiatan usaha koperasi perusahaan adalah perumusan program pengembangan perusahaan, rencana kebutuhan anggaran, penetapan pengelola perusahaan yang ditetapkan dalam rapat anggota, dan yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan bisnis dan kesejahteraan.

X. Permodalan Koperasi
Permodalan koperasi terdiri dari modal investasi dan modal kerja. Modal sendiri yang terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, dana cadangan dan donasi / libah. Modal pinjaman yang berasal dari anggota, koperasi lain, Bank, penertiban obligasi dan surat utang berharga yang lainnya.

XI. Sisa Hasil Usaha ( SHU )
Sisa Hasil Usaha merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya yang dapat dipertanggung jawabkan, penyusutan, dan kewajiban lainnya yang termasuk pajak dan zakat yang harus dibayarkan dalam tahun buku yang bersangkutan.

Soal :
1. Yang merupakan pengertian Badan Usaha adalah…
a. Suatu organisasi yang terdiri dari badan – badan hukum
b. Suatu organisasi yang merupakan satu kesatuan yuridis dan ekonomi yang berusaha mencari keuntungan
c. Suatu organisasi yang merupakan kumpulan dari perusahaan – perusahaan faktor – faktor produksi
d. Suatu organisasi yang tujuan utamanya mensejahterakan masyarakat
2. Merupakan kesatuan tindakan ekonomi dalam rangka mempertinggi efektifitas pencapaian tujuan. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari…….
a. Koperasi sebagai badan usaha b. Koperasi sebagai badan hukum
c. Koperasi sebagai lembaga keuangan d. Koperasi sebagai perusahaan
3. Tujuan dibentuknya koperasi adalah….
a. Mendapatkan keuntungan atau laba b. Mendapatkan uang
c. Memperoleh ilmu pengetehuan d. Memajukan kesejahteraan anggota
4. Yang merupakan fungsi laba adalah…..
a. Berfungsi sebagai penentu tingkat keuntungan yang diperoleh
b. Berfungsi sebagai penentu tingkat kepuasan konsumen
c. Berfungsi sebagai pertanda gambaran perubahan selera konsumen dan permintaan konsumen
d. Berfungsi sebagai pertanda gambaran tingkat perubahan keuntungan yang diperoleh.
5. Status anggota koperasi adalah sebagai..
a. Sebagai pemilik dan pemakai jasa usaha
b. Sebagai pemodal dan pengurus
c. Sebagai penanggung jawab
d. Sebagai pengelola
6. Yang termasuk dalam kegiatan usaha perusahaan koperasi adalah…
a. Perumusan program pengembangan perusahaan
b. Merencanakan kebutuhan anggaran
c. Penetapan pengelola perusahaan dalam rapat anggota
d. Semua benar
7. Permodalan koperasi yang berasal dari modal sendiri adalah.
a. Simpanan pokok b. Simpanan wajib
c. Bank dan surat utang berharga lain d. Semua benar
8. Permodalan koperasi yang berasal dari pinjaman adalah…
a. Anggota b. Koperasi lain
c. Bank dan surat utang berharga d. Semuanya benar
9. Permodalan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya yang dapat dipertanggungjawabkan, penyusutan dan kewajiban lainnya termasuk pajak yang harus dibayarkan dalam tahun buku yang bersangkutan. Merupakan pengertian dari….
a. Modal koperasi b. Sisa Hasil Usaha ( SHU )
c. Keuntungan d. Modal Anggota
10. Yang merupakan kewajiban dari anggota adalah…
a. Membayar pajak b. Melakukan investasi
c. Melakukan pengawasan d. Menerima keuntungan

JAWABAN


1 B
2 A
3 D
4 C
5 A
6 D
7 D
8 D
9 B
10 B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar