Sabtu, 20 November 2010

KONTRIBUSI ANGGOTA KOPERASI TERHADAP PERKEMBANGAN KOPERASI SEKOLAH

Pada dasarnya koperasi dibentuk untuk menyejahterakan dan mempertinggi kualitas kehidupan masyarakat dan para anggotanya. Koperasi sekolah bukan lagi hal yang aneh bagi dunia pendidikan di Indonesia. Fungsi koperasi sekolah adalah sebagai wadah untuk mwndidik kesadaran berkoperasi dikalangan anggota atau siswa.
Koperasi sekolah pada umumnya berbentuk layaknya kantin yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan makanan, perlengkapan sekolah dan peralatan sekolah para siswa ataupun guru. Di sisi lain koperasi sekolah juga dapat membentuk dan melatih para siswa agar mempunyai jiwa kewirausahaan sedini mungkin.
Usaha koperasi sekolah memang dapat menguntungkan berbagai pihak, terutama bagi siswa dan pihak sekolah itu sendiri. Kegiatan yang dilakukan dalam koperasi sekolah dapat memberikan pelatihan tersendiri bagi siswa. Para siswa yang merupakan anggota koperasi ditunjuk menjadi pengurus dari koperasi sekaligus bertanggung jawab terhadap jalannya usaha koperasi.
Siswa dilatih untuk dapat mengambil keputusan barang apa yang akan dijual, usaha apa yang harus dilakukan agar barang tersebut laku terjual, dan berapa harga barang tersebut harus dijual. Keputusan keputusan tersebut memberikan kesempatan pada siswa agar dapat bertindak mandiri dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang telah mereka ambil.
Agar koperasi sekolah dapat berjalan dengan baik, koperasi harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan jelasnya struktur organisasi agar tujuan dapat tercapai dengan baik pula. Pengembangan koperasi sekolah sebagai organisasi yang bergerak di bidang ekonomi harus dikelola berdasarkan prinsip-prinsip manajemen. Supaya siswa mengerti cara mengelola koperasi, guru harus memberikan bimbingan dan pembinaan dalam pengurusan koperasi sekolah tersebut.
Modal koperasi sekolah berasal dari para anggota,maka pengelolaan modal yang berasal dari anggota ini harus benar benar profesional dan sangat teliti. Karena itulah sebaiknya bendahara koperasi sekolah hendaknya dijabat atau didampingi oleh guru.
Pengurus koperasi dapat belajar menggerakkan atau memimpin segenap fasilitas yang terdapat di koperasi baik anggota pengurus, maupun petugas koperasi lainnya, karena pengurus atau anggota koperasi yang terlatih dengan baik merupakan salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan koperasi sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar