Senin, 10 Oktober 2011

JURNAL ILMIAH PENGARUH KOMITMEN TERHADAP KINERJA KERJA KARYAWAN

Pengarang : Pratiwi Wulandari
Tema : Hubungan Komitmen dengan Kinerja Karyawan

BAB I
PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Perusahaan terdiri dari sekelompok individu yang saling bekerjasama dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan. Karyawan merupakan salah satu sumber daya manusia yang mempunyai peranan penting dalam memajukan perusahaan.
Agar perusahaan dapat terus maju dan mencapai tujuannya, maka perlu dilakukan pengembangan terhadap kinerja karyawan dengan cara pemberian motivasi, pelatihan dan penciptaan suasana lingkungan kerja yang kondusif (Bambang Guritno dan Waridin, 2005:63).
Menurut Prawirosentono (1999) kinerja seorang pegawai akan baik, jika pegawai mempunyai keahlian yang tinggi, kesediaan untuk bekerja, adanya imbalan atau upah yang layak dan mempunyai harapan masa depan (Prawirosentono 1999).
Secara teoritis ada tiga kelompok variabel yang mempengaruhi perilaku kerja dan kinerja individu, yaitu: variabel individu, variabel organisasi dan variabel psikologis (Gibson 1987).
Komitmen karyawan juga sangatlah diperlukan, karena komitmen menjadi salah satu indikator kinerja karyawan agar dapat bekerja secara optimal.
Komitmen dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni jenis dan karakteristik pekerjaan, karakteristik dari masing-masing individu pekerja, dan pengalaman kerja sebelumnya yang pernah didapat pekerja (Tri Mardiana, 2004:175).
Komitmen karyawan terhadap organisasi terdiri dari komitmen afektif, komitmen keberlanjutan, dan komitmen normatif. Dengan menggunakan analisa faktor dengan metode analisa faktor diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi komitmen afektif adalah faktor personal characteristics. Faktor yang mempengaruhi komitmen keberlanjutan adalah faktor freedom dalam menyelesaikan pekerjaan. Faktor yang mempengaruhi komitmen normatif adalah faktor sosialisasi suatu organisasi.


2. PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

1. Faktor apasaja yang dapat mempengaruhi tingkat komitmen karyawan?
2. Faktor apasaja yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan?
3. Apakah tingkat komitmen berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam usaha mengembangkan dan memajukan perusahaan?


3. TUJUAN

Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan, faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen karyawan, dan adakah hubungan atau adakah pengaruh komitmen dengan kinerja karyawan dalam tugasnya memajukan perusahaan.


Sumber

- http://etd.eprints.ums.ac.id/5394/1/B200050371.PDF
- http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/viewFile/17742/17663

NAMA : PRATIWI WULANDARI
NPM : 14209053
KELAS : 3 EA 11

Tugas ini ditujukan untuk Bpk.Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar