Kamis, 12 Mei 2011

6 CARA BIJAK MEMANFAATKAN UANG

Dalam menghadapi periode ekonomi sulit dengan harga-harga kebutuhan yang melambung seperti sekarang ini tak sedikit orang jadi kedodoran karena pendapatannya tak mampu untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Untuk menyiasatinya diperlukan kecermatan dalam mengelola keuangan.
Karena alasan-alasan tertentu terkadang kita tidak sadar telah mengeluarkan banyak uang untuk pembelian barang yang tidak berguna, yang menyebabkan kita termasuk dalam kelompok pemboros.
Oleh karena itu kita harus bijak dalam memanfaatkan uang dengan cara :
1. Carilah harga termurah untuk manfaat yang sama
Kadang bila telah terbiasa menggunakan merek tertentu menjadi lalai mencari informasi merek yang lain sebagai pembanding. Jangan malas mencari informasi tentang merek atau produk yang sejenis ditempat lain asal dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dengan harga yang lebih murah.
2. Sisihkan uang untuk ditabung
Sisihkan sebagian uang untuk ditabung. Jangan menabung sejumah uang dari sisa anggaran belanja, melainkan pisahkan dulu 15% dari penghasilan, dan sisanya barulah gunakan untuk keperluan lainnya.
3. Kurangi belanja dipusat perbelanjaan
Hindari kebiasaan berbelanja dipusat perbelanjaan, terutama bagi yang maniak diskon. Sebab banyak godaan yang akan dihadapi bila sering megunjungi tempat tersebut.
4. Buang gengsi
Hindari belanja produk mahal hanya demi gengsi. Asalkan kreatif dan rajin mencari informasi, dengan produk yang harganya relatif lebih murah pun anda dapat tampil menawan.
5. Ubahlah hobi mengoleksi barang mahal dan menggunakan fasilitas mahal
6. Hilangkan kebiasaan buruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar