Kamis, 19 Mei 2011

MENGELOLA DANA PENSIUN

Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum pensiun. Pertama, paling tidak anda harus melakukan penyisihan dana untuk masa pensiun selama 25 tahun. Dengan memulai lebih awal, keperluan dana untuk disisihkan tiap bulan atau tahun akan lebih sedikit. sebaliknya jika jangka waktu mengumpulkan terlalu pendek, maka dana yang harus disisihkan untuk mencapai jumlah dana yang sama, akan jauh lebih mahal.

Kedua, menghitung jumlah dana yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk menentukan berapa besar dana yang harus disisihkan atau diinvestasikan tiap bulan. Anda perlu menentukan gaya hidup yang diinginkan pada saat pensiun nanti. Mulailah menabung dan berinvestasi agar anda dan pasangan menjalani masa pensiun dengan nyaman dan tentram.

Misalnya, anda ingin hidup dipinggiran kota dengan tetap memiliki mobil dan pekerja rumah tangga. Berdasarkan gaya hidup yang telah anda tentukan, hitunglah berapa pengeluaran yang anda buuhkan sekarang. Selanjutnya hitunglah kebutuhan dana selama pensiun dan rencanakan investasi yang anda harus lakukan untuk mencapai dana yang dibutuhkan saat masa pensiun.

Ketiga, proteksi diri anda dan keluarga dengan asuransi untuk kesehatan juga perlu dilakukan.selain menabung dan asuransi, dana pensiun juga bisa diperoleh dengan membuka usaha sampingan. Dengan cara tersebut bisa didapatkan hasil yang besar dalam tempo yang lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar