Kamis, 19 Mei 2011

KIAT MENGATASI DEHIDRASI

Disamping kurang cairan, ada juga penyebab lain terjadinya dehidrasi, seperti flu atau pilek. Biasanya hal ini terjadi karena kurang makan dan minum. Dehidrasi juga bisa dialami akibat muntah-muntah dan diare yang berat.

Tindakan utama yang harus dilakukan untuk mengatasi dehidrasi adalah segera mungkin mengganti cairan tubuh yang telah banyak keluar dengan cara memperbanyak minum. Cairan yang diberikan dapat berupa air putih, teh manis, jus buah, atau bentuk cairan lainnya. Pemberian sedikit-sedikit tapi sering.

Penderita harus dibawa kedokter bila dehidrasi akibat diare dan muntah-muntah cukup serius. sebab bila tidak segera mendapatkan pertolongan dari dokter, penderita akan banyak kehilangan cairan. Hal ini dapat membahayakan keselamatan penderita.

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Minum secara teratur setiap hari, terutama bila banyak beraktivitas. Cairan yang dikonsumsi juga sebaiknya diatur agar bervariasi.

Volumenya paling sedikit 8 gelas sehari. Bentuknya bisa beraneka jenis, misalnya seperti jus buah, buah segar, sup dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar